@jejaklangkah747

Senin, 12 Maret 2018

SEJARAH BANGSA ISRAEL By, pendidik


pebrihal@gmail.com 
syalom semuanya
SEJARAH ISRAEL
 Pada Zaman Alkitab







DI SUSUN OLEH :

Nama                            : PEBRIYANUS HALAWA
Nim                                : S1. 77.3066
Prodi                             : THEOLOGI
Sms/Tngkt                  :  I/I
Dosen Pemb.              : DR. Ruben Nasimnasi, M.Th


SekolahTinggiTheologi “IKAT”
Jakarta, 2018

Stelah saya membaca buku yang berjudul, Sejarah Israel Pada zaman alkitab, saya banyak menemukan hal-hal  yang sangat menarik didalam buku ini untuk itu saya akan menjelaskannya, demikian sebagai berikut:
PARA BAPAK LELUHUR
Zaman permulaan sejarah, awalnya abraham, kemudian dilaanjut kan denagn kelahiran ishak, (kej. 21:1-7) Dn Yakub ( Kej. 25:19-26) samapi denagn kedua belas anak Yakub yang menjadi nenk moyang dua belas suku Israel ( Kej. 29:31,30:24 ). Orang-oarang inilah ang dikenal denagn sebutan bapak-bapak leluhur dalam bahasa Yunani “PATRIARKH”  
Penelitian arkheolog, bahwa sebelum zaman Abraham, diperkirakan hidup pada tahun 1900 sebelum Masehi, terdapapat kebudayaan yang besar disaana, diwilayah asia barat daya di peroleh bukt-bukti tentang manusia-manusia penghuni Gua, yang diperkirakan hidup di asia barat daya sekitar tahun 10.000 SM.
TAHUN
Sebelum
Masehi
10.000                        penghuni gua-gua
9.000                         
8.000                          penghuni kota yang pertama
7.000             
6.000
5.000                          peradaaban di Mesopatamia
4.000                          peradaban di Mesir
3.000                          Tulisa-tulisan pertama pada zaman Mesir Kuno
2.000                          Abraham
1.000                          Daud
    0                              Yesus Kristus
Masehi
1.000
2.000                          Masa Kini
SIAPAKAAH PARA LEELUHUR ISRAEL ITU?
 Terah, adala ayah abraham, dan keluarganya bersaahabat dangan bangsa yaang mendiami, kota Ur dibagian selatan Mesopotamia.
Abraham akhirnya meninggalkan sanak saudaranya daan rumaah bapa nya di Haran pergi mencari suatu padang penggembalaan yang baru bagi ternak-ternaknya, dan suatu tempat tinggal yang baru untuk rumh tangganya  (Kej. 12:1) didalam kitab kejadian yang lainya dapat kita baca dan dappat kita ketahui dan menemukan nama Batuel, anak Honor dan Milka, (kej, 24-24) dan aanak Batuel yaitu Laban dan Ribka, mereka semua maih kelaurga dekat daangan abraham, namun berdiam ddikota Nahor yakni kota yaang dengan kota Haran.
Ishak, kelahiran Ishak menjadi penting sebab ia adalah ahli waris Janji-janji Allah, mellaalyi jaanji jjanji itu akan  digenapi kita teelah juga memperhaatiakn bahwa abraham hampir sampai  mempersembahkan Ishaak ketika masih Kecil. Sebelu abraam meninggal dunia i mengatur perkawinan Ishak, ia menyurh hambanya pergi kekeluargkanya ke Mesopotamia utara untuk meminangseorang wnita untuk istri anaknya(kej. 24) denagn cara meminta air untuk unta tunggangannya, hamba itu menemukan seorang gadis yang murah hati, ramah dan Pekerja keras ia benama Ribka.
Esau dan Yakub,  esau aanak tertua, sehinggaa iaa terpancing untuk malakukan hal-hal yang yang anagt disesalinya di kemudian hari, daan Yakub sangat bermbisi dan bagai man ia menemuka  tipu daya untuk menupuk kekuasaan untuk dirinya sendiri, namun allah memlih yakub untuk menjadi ahli waris dari perjanjian nya yaang didirikaan nya denagn abraham, yakub adalah soorang yang kasar, dan penuh kelicikaa  dan tidak sudi memberikan jawaban terhadap panggilan allah. Yaakub berrhasil menegelabui Esau untuk memperoleh hak kesulungan, (kej. 27:23)
Yusuf, dijual kemesir untuk dijadiakn seorang budak disanaa karena jujur  dan kerja keras akhirnya diberi kepercayaan dalam jabatan tertentu, namun karena dituduh melakukan perzinahan ia dipenjarakan. penjara iaa di perlihatkan kemahirannya emnafsirksn mimpi firaun, Firaun kemudian menganggakat yusuf menduduki, salahsatu kedudukan jabatan kepemmpinan di Mesir, dalam kedudukannya itu ia berhasil dari bahaya kelaparan, yan gmelanda negeri itu selaama 7 tahun lamanya, dan dengan demikian lebih meningkaataakan kekuasaan dan kewajiaaban Firaun di mata rakyatnya sendiri, yuuf juga meringankan pendderitaan keluarganya dengaan menagajak merekaa bediam di mesir agar ia dapaat memelihara mereka. Dengan demikian ia menggenapi maksud Allah (kej 45:5)
ALLAH ABRAHAM
Allah ingin menagjaarakan manusia tentang banyak hal tentang drinyaa sendiri , tenteng dunia dan tempat manusia ddidalam duniaa, sudah tentu allah memiliki keahlian dan kebijaksaan yang jauh melebihi keahlian dan kebijaksanaan seorang guru yang mashur sekalipun. Kiatb kejadian menggunakan nama Yahweh ini diterjemahkan denagn kata Tuhan yang di cetak denagn huruf besar sedangkaan kata tuhan yang di cetak dalm huruf-huruf kecil di pergunakan untuk menerjemahkan kata yang lain yakni kata Adonai.
Penduduk Ur dan haran ternyata menyembah Dewa yang sama , yaitu dewa bulan , yang disebut denagn “sin” dan masih ada samapi sekarang, kuil it dinamakan “ziggurat” yaitu sebuah menara ya ng dibangun denag batuu-bata merah dan merupakan salah satu bangunan berlantai 3 yang besar.
Abraham meninggalkan Ur, dan pergi keHAran dan juag menyembah dewa yang sama dengan yng disembah di Ur, tanpa alasan –alasan keagamaan dibalik perpindahan itu. Juga nama – nama dari beberapa kelaurga Abraham seperti Terah, Laban, sara, dan milka Adalah nama-nama yng oalh para Ahli dihubungkan dengan pemujaan dewa bulaan tersebut.
PERJANJIAN
Persekutuan perjanjian adalah suatu persetujuan diman paara penyembaah berjanji untuk tetap taat setia kapada dewa sembahannya sebagai imbalan atas segala berkat dan perlindungan yang mereka anggap diberikan oleh para dewa tersebut. Hubungan allah dengan Abraham adalah seperti itu, allh berulang kali mebaharui perjanjiannya dengan Abraham kemudian dengan Ishak dan dengan Yakub.
SUNAT
Sunat adalah, suatu adat yang yang dikenal sebagai secara luas dizaman paraa bapa leluhur Isrel daan yaang biasanyaa merupaaka bagian upacaara inisiasi (upacaraa Akil belig) dimana seorang pemuda di terima menjadi anggota muda sukunya.
MEZBAH-MEZBAH DAN KORBAN PERSEMBAHAN.
jenis mezbah yang didirika oleh bapak leluhur itu berbentuk tinag batu , ibadah dilakukan dengan menuangkan minyak keaatas puncak ting batu itu,  diaat yang sama  seorang beribadah itu menyebut nama allah sebagai respons kepaadanya (kej.2:8).
ETIKA
Peraturan pereturan khusus mengenai tngkah laku di aambil kebiasaan secara umum di terima oleh bangsaa-bangsa pada masa itu. Umat Israae;l menyadari kebajikan yang tinggi adalah melayaani allah dan melakukan kehendaknya. (ul. 9;27 dan Neh 9:7).


KELUAR DARI  MESIR
BUKTINYA.
Yusuf berkuasa di Mesir
Perbudakan israel selama 40 tahun
Suku –suku dipadang Gurun
Terbentuknya Palestina bagi pemukim – pemukim baru,
Kota-kota Palestina yang dihancurkan
penent uan wakktu menurut alkitab
TUHAN TELAH MEMBAWA UMAT ISRAEL KELAUR DARI MESIR
PANGGILAN MUSA, Di padang gurun musa bertemu dengan allah., musa percaya bahwa allah telah berbicara kepdanya untuk pergi menemui Firaun dan memerintahkan Firaun membebaskan orang-oarang Israel Yang diperbudak.
SEPULUH FIRMAN, Firaun sama sekali tidak ingin mebebaskaan oarang-oarang Israel. Adapun tulah yang di berikan tuhan pada waktu itu yaitu, salah satu bencana itu adalaah wabah penyakit, yang mengakibatkan kematian Anak-anak. Lagenda kematian semua anak sulung dalam seluruh baangsa mesir (kel. 12:27).
MENYEBRANGI LAUT TEBERAU, laut gelagah atau laut teberau di pakai dalam keluaran 13:18 dan 15:12, posisinya Air di sebalah tanggara atau di sebelah timur kota pitom, dan mungkin penyebrangan itu berlangsung di tempat tersebut. Ia (allah) telah menggunakan keluatan-kekuatan untuk melksanakan maksud-maksudnya, dari pada melanggar hukum alam, kejadian aneh lainnya yaitu terbentuknya “tiang awan” diwktu siang dan tiang “api” diiwaktu malam (kel.13:21), musa juga menunjukan dimana, oarang-orang Israel bahwa merekapun dapat memakan “manna” kata manna dalam bahasa ibrani, berarti “apakah ini” mungkin manna adaalah sejenis zatbyang dihasilkan oleh serangga yang hidup pada pohon-pohon tamariska yang bertumbuh di padang gurun,  orang-oaaraang israel mereka akan maakan daging burung puyuh (Kel 16:13 ; Bil, 11:31)
GUNUNG SINAI, musa membawa orang-orang Isrel kegunung dimana  ia bertemu denang Allah petama kalinya.
PERJANJIAN SINAI, musa mnginginkan aagar orang-orang Israel itu bersama-sama mengalami secara langsung suatu pengalaman yang serupa. Keluaran 19: 10- 17 dan 19:17
Musa agak mnghraapkan agar dapat menjadi perantara antara Allah dengan orang-orang Isrel itu.
HUKUM TAURAT DAN PERJAJIAN  
HUKUM TAURAT DAN PERJAJIAN dan TRADISI PADA ZAMAN.
ALLAH YANG DI PERCAYA MUSA, dasa titah adalah lagenda kisah keluaran dari mesir, untuk atau ôdakalogö kata ôdakalogö berasal dari bahasa yunani
-akulah tuhan allahmu
-jangan ada allah lain dihadapanku
-janagn membuat bagimu atung menyerupai apapun
-janagn menyebu nma yuhan allah y=mu denagn sembarangan
-ingat dan kyuduskan hari sabat
-jangn membunuh, berzinah, mencuri, memberi kesaksian dusta,dan mengingini.
Dasa titah itu di tulis di atas dua loh batu ôpeti perjanjianö, oarang-oparan israel membuat mezbah-mezbah dari batu alamiah, dan menyususn batu-batu menjadi mezbah apa bila di perlukan. Korban û korban persembahan yang di persembahkan diatas mezbah ini adalah korban bakaran dn korban perdamaian (kel. 20:24; 24:25)
Kel. 34:14-26 oarang israel berada di Gunung Sinai dan bentuh asli dasa titah itu yaitu ôDekalog Kultisö 
Hari raya paskah di kalangan orang-oarang yahudi bahwa allah telah menyelamatkan uamat israel dari perbudakan. Dan upacara paskah tersebut setelah bangsa israel menetap di Palestina.
KEDUA BELAS SUKU
ôJADI SELURUH NEGERI YANG DIBERIKAN TUHAN KEPADA ORANG ISRAEL YAKNI NEGERI YANG DIJANJIAKAN NYA DENGAN BERSUMPAH NUNTUK DIBERIKAN KEPAD NENEK MOYANG MEREKA. MEREKA MENDUDUKI NEGERI ITU DAN MENETAP DISANAö. YOS 21:43
Tanah yang disebut palestina ini paa wal penduduknya di kenal denagan sebutan kanaan.
Kedua belas suku isrel itu menetap di palestina karena, pembagian tanah, karya para hakim.
Musuh-musuh Israel, bangsa filistin, bangsa kanaan, suku-suku yang berbahasa aram (Otniel berhasil mengalahkan raja edom, ehud berhasil membunuh raja moab sekitar tahun 1175 SM, Yefta, sekitar tahun 1050 SM.), bangsa bangsa pengembara. 
Adapun tabut perjanjian merupakan pusat dari persekututan ibadah kedua belas susku kepada TUHAN. Mereka menggap tabut perjnjain aitu ada kuasa yang di percayai oleh tentara pada zaman itu.
Adapun kitab perjanjian denagn memperkenalkn perintah û perintah sebagai mana yang dapat di baca sekarang dalam keluaran 20:22-23:33, pasal-pasal inilah yang disebut ôkitab perjanjianö
KETIGA HARI RAYA YAITU, pesta roti tidak beragidan pesta panen, berlangsung pada musim semi, masing-masing pada permulaan dan akhir panen. Yang satunya lagi adalah pesta penegumpulan hasil yang berlangsung pada musim gugur.
RAJA-RAJA ISRAEL YANG PERTAMA.
SAUL, DAUD, SALOMO,.
PARA RAJA, NABI DAN IMAM
1. RAJA
Raja ûraja yang pertama di israel mempunyai tugas politis.
2. NABI û NABI
            Pelihat : para pelihat adalah orang ûpelihat-pelihat adalah oaring-oarang yang mampu melihat dan meanafsirkan kebenaran tentang masa ;lampau masa kini dan masa depan secara lebih tepat dari pada orang-orang lain.
            Rombongan Nabi : mereka adalah kelompok orang yang biasanya hidup bersama û sama di suatu tem pat ibadah seperti gilga daan di gibea, melalui ransangan music mereka dapat mengalami kesurupan roh bersam-sama.
            Nabi û nabi perorangan ; nabi-nabi perorangan inilah yang rupanya cocok dengan sebutan ônabiö atau ônabi ALLahö
            Imam-imam tugasa para imam adalah memimpinumat Israel untuk beribadah kepada allah, setelah kerajaan Israel raya terpecah du kerajaan kecil beberapa dari tempat-tempat suci itu seperti DAN, BATEL menjadi tempat peribadahan resmi, khususnya bagi oaring-orang Israel di kerajaan utara.
DUA KERAJAAN
Zaman bangsa-bangsa kecil, MESIR, dalam tahun 918 sm, firaun sisak I berhasil menguasai Palestina raja rehabeam dari yehuda terpaksa membayar sejumlah upeti yang besar sekali kepada Firaun sisak supaya Yerusallaem dapat luput dari gempuran tentara mesir. ASYUR, pada saat mesir menjadi lemah bangsa Asyur untuk pertama kalinya memainkan peranannya dalam kehidupan bangsa û bangsa yang tinggal di kaasan palestina dan neger-negeri sebelah timur sungai yordan . Asyur adalah suatu bangsa yang meempunyai sejarah yang panjang dan beraneka ragam dan yang sedang menghimpun kekuatan sebagai persiapan untuk masa jayanya.
ISRAEL DAN YEHUDA
Pemberotakan (1 raja-raja 12:1-20) pemberontakan pertama yang dilancarkan ioeleh yerobeam pada masa ketika salomo masih hidup masih didorong oelh nabi ahia.
PENGARUH NABI-NABI,  seorang nabi yang lain yang mengingatkan rehabeam agar tidak memakskan kekuasaannya atas susku-suku di utar mempengaruhi kejadian-kejadiankejadiian israel di utara itu.
KERAJAAN ISRAEL YANG BARU, Bait Allah dan kelaurga Daud sebagai pemerintah turun temurun  dengan demikian rehabeam dan para penggantinya lebih muah mempertahankan kelangsungsn hidup kerajaan yehuda.
SANGKETA PERBATASAN ANTARA YEHUA DAN ISRAEL, Raja Daud memilih kota ini sebagai i u kota kerajaanya karena terletak diantara dua kelompok susku-suku israel yang di perintahnya.
PEMERINTAH KELUARGA OMRI, Raaja Omri, putra Baesa yang bernama Ela yang bsempat menjadi raja israel di bunuh oleh imri dalam suatu kudeta yang dilancarkan
Raja Ahab, menjadi raja isreal karena ia adalah putra Omri, keluarga omri kehilangan kekuasaan menjelang aakhir hidupnya.
KERAJAAN YEHUDA DAN KELAUARGA OMRI
Yoas adalah salah satu putar ahazia dari perkawinan Zibya dari Berseba berhasil di selamatkan dari penumpasan itu dan sembunyikan hingga besar dalam bait allah. Adapun maasa kelemahan, keadaan yehuda tidak jauh lebih baik siria yang ada pada waktu itu menjadisanagt kuat menggerakkan tentaranya untuk merebut kota Gat yang berada jauh dalam wilayah yehuda. , aadapun jug masalah yaitu : para Baal yang diman pertikian agama yang serius pada periode ini berkisar padaa penyembahan terhadap baalim atau para Baal. Kemudian ada juga masalah ôSEJARAHö pengkanonan dan baanayk sekali hal hal yang lainnya juga
KEMAHARAJAAN ASYUR, bangsa Asyur adalah salah satu bangsa yang mendiami daera Mesopotamia selama beberapa Abad lamanya. Ibukota mereka ôAsyurö dan terletak di tepi barat sungai Tigris.
Raja asyur dn masa pemerintahanya yang terpenting adalah sebagai berikut;
Tiglat-Pileser III                                    745-727
Salmaneser                                          727-722
Sargon II                                              722-705
Sanherib                                              705-681
Essarhaddon                            681-669
Asyurbanipal                                        669-631
Agama asyur menyembah banayak dewa.
Masa lekuasaan Asyur Lemah (800-745) sebelum masehi
TINGLAT-PILESER III (745-727) sebelum masehi
SALMANESER (727-722) sebelum masehi
SARGON II (722-705) sebelum masehi
SENHERIB (705-681) SM
ASYUR DAN MESIR
TAHUN TAHUN TERAKHIR ASYUR, persoalan ityu ialah  pemberontakan yang dilakukan bangsa babilonia di yahun 652 SM. Ketika firaun Nekho dari mesir bergerk keutara untuk membantu sisa-sisa kekuatan Asyur dari kepunahannya yosia dan lawannya dan akibatnya Yosia sendiri tewas dala pertempuaran di megido pada tahun 609 SM (2 Raj 23:29)
CAMBUK MURKA TUHAN,  yaitu Tuhan dan dewa Asyur, dan dapun bangsa Asyur di bawah kekauasan Asyur dan Dewa tertinggina, hal itu nyata ketika seorang pemimpin pasukan Asyur disebut Rabsyake dakam usahanya untuk membuat penduduk Yerusallem  menyerah telah memanfaatkan cara berpikir seperti itu.
Amos menunjukan kepada mereka bahwa betapa salahnya mereka beranggapan TUHAN akan nberkenn denagn iabadahibadah meraeka yang rermi sementara melupakan sesamanya manusia, namun dalam mmencari pertolongan sesamanya manusia dalam menghadapi masa-masa yang penuh kesukaran, pertolongan itu mereka harapkan melalui kkemurhan hati Bangsa asyur, tetapi yesaya terus û menerus mengingatkn orang-orang Israel di Yehuda agar tidak mengikat diri kedalam suatu aliansi atau persekutuan militer dengan negara-negara lain. Satu-satunya pertolongan dan pengharapan bagi yehuda ialah percaya kepada allah saj baik raja maupun seluruh rakyat.dan keadilaln tuhan, percaya tentang datangnya hari tuhan, percaya akan seorang raja yang benar, percaya tentang adanya suatu ôsisaö  yang benar, percaya tentang terhadap Kota suci  
ZAMAN BABILONIA,  adapun zaman bangsa-bangsa yang besar, diantaranya yaitu, Ada MESIR, dalam bangsa ini daalm tahun 605 SM Nebukanezar memimpin angkatan perang Babilonia dan memerangi pasukan-pasukan mesir itu di Karkhemis, dan berhasil mengalahkan meeka secara tuntas YEREMIA 46:2, dan ada juga MEDIA, hampir sekitar 70 tahun lamanya hubungan antar bangsa Babilonia dan MEDIA berlangsung secara dama, ada juga, BABILONIA kerajaan Babilonia kuno telah runtuh sekitar seratus tahun setelah berdirinya, dala tahun 625 SM seorang Kasdim yang bernama NEBOPOLASAR berhasil merebeut kekuasaan atas kota tersebut. Pada tahun 570 SM di Mesir terjadi suatu revolusi dimana Firaun Apries di gulingkan dari tahta dan Firaun Amasis naik tahta menggantikannya. adapu agama Babilonia Marduk, (atau Moradakh, sebagaimana disebut dalam alkitab,) dalah dewa kuno dari kota Babilonia orang-otang bailonia mempercayai sebagai perwujudan Dari Dewa Matahari.

PEMBUANGAN BABILONIA, dapun pembuangan yang terjadi pada masa- kemasa yaitu: pembuangan pertama terjadi pada tahun 597 SM,  pembuangan kedua 578 SM, pembuangan ketiga 582 SM.
NYANYIAN TUHAN DI NEGERI ASING, pada zaman sebelum Yerusallem Zatuh, yaitu: bagi yehuda ôhari tuhanö justru merupakan suatu hari penghukuman, raja-raja keturunan daud hanya dapat membawa harapan bagi yehuda jikalau raja-raja itu hidup secara benar dan taat kepada allah, Yeremia memeberi usatu pemahaman baru terhadap pandangan tentang sisa Israel, kota kudus pada akhirnya akan menjadi usetu tempat dslm rencana allah. Edan sesudah Yerusalem jatuh, adapu adat-adat yang lam yaitu: sunat, hari sabt, Mazmur-mazmur, hukum-hukum allah, Sejarah.
KEMAHARAJAAN PERSIA, Ketika bangsa Babilonia merebut dan menguasai bagian selatan dari kemaharajaan Asyur banga media menguasai bagian utaranya selam kurang lebih 70 tahun mereka berdampingan denagn damai. Kemaharaan persia mempunyai musuh-musuh yang berbahaya  baginya yaitu kerajaan Mesir dan Yunani, bangsa yunani pun diancam bahaya yang sam untuk keialngan kemerdekaan hanya sisa kemaharajaan perisa tidak berhasil menaklukan Mesir.
Dapun agama untuk agama oarang persia, adalah suatu KULTUS yang sedehana sekali, yang berhubungan dengan kehidupan pengembalaan dan pertanian, zoroatrianisme adalah agama peris yang berkembang menjadi agama penting sekali dalam kalangan bangsa persia. Agama ini bersiafat keduaan atau dualistis, dan agama ini juga amat mempengaruhi gaya pemerintahan raja-raja persia.
Pembangunan kembali yehuda,  adapun yaitu, basminya harapan, Yehezkiel deutero-Yesaya, pembangunan kembali bait allah, kecamatan Yehuda di nYerusalem sanagt sulit, daan ada juga masanya Yehuda berdaulat, pada tahun 445 SM, kitab yang diberikan  tuha kepada Israel    pemimpin Agama dan para pemimpin komuntas baru di yerusallem yaitu adalah para imam yang dikepalai orang imam besar, jabatan Imam besar itu baru di tetapkan setelah pembuangan, dan tuga s mereka adalah menaga agar sekuruh kehidupan peribadahan di bait allah yakni, ibadah-ibadah korban dilaksankan dengan baik, dan sebagai mana mestinya, EZRA 3:3,6

PERAYAAN-PERAYAAN, keagamaan, pada perayaan ahri perdamaian imam besar disamping mempersembah korban penebus salah baik, bagi dirinya sendiri, maupun bagi uamatnya juag mengadakan perdamaian bagi tempat kudus itu sendir, Imamat, 16:3,5,16. Dan adajuga adat istiadat Yahudi, masalah oarang-oarang yahudi, menyangkut bangsa-bangsa asing atau bukan yahudi, yang tidak mengenal hari sabat, dan Ezra mendorong agar orang-orang yahudi diluar yerusallem membagun sinagoge sepaya dalam sinagoge itu tulisan suci mengenai agama israel terus dibaca dan di pelihara.
KERAJAAN YUNANI, bangsa yunani telah mempunyai sejarah yang panjang. Mereka t6elah mempunyai beberapa negara-yang masing-masing hidup secar sendiri-sendiri. Tidak ada salh satu diantaranya yang berhasil tampil sebagai yang terkuat dan yang mempu mempersatuka seluruh negeri yunani, menjadi satu negara, dan bangsa Filistin sebenarnya adalah termasuk kelompok suku-sukubagsa tuani yang  terpaksa meninggalkan tanah airnya karena terdesak oleh kelompok suku-suku baansa yunani lainya, yang lebih kuat. Dan orang-oarang Yunani sangat gemar mendiskusikan berbagai pendapat tentang demokrasi dan keadila.
BANGSA YAHUDI  MENENTANG KEBUDAYAAN YUNANI, itu semua di mulai pada masa pemerintahan WANGSA PTOLOMEUS, WANGSA SALEKUS, paada masa pemerintahan merekalah, bangsa yehudi menenentang kebudayaan YUNANI, adapun juga para pejuang Kemerdekaan,  bangsa Asyur mengandalkan kekuatan militer untuk mempertahankan kekausaan dan pemerintahan mereka, bangsa Babilonia, berusahaa mematahkan kesetiaan tiap bangsa, bangsa Persia percaya dapat menjalin hubungan persahabatan denagan bangsa yang dikuasainya, adapun cara bangsa Yunani,  yaitu, sikap menerima, kebudaaan yunai, sepenuhnya sambil, berusaha membebaskan diri dari, yudaisme.  Kaisran romawi, israel padaa masa itu di kuasai Roma, oleh  Herodes Agung, adajauga perpecahan Herodes Agung, herodes agripa, herodes antipas. Dan akhirnya bangsa yunani percaya akan semua itu.

KELEBIHAN BUKU
            Didalam kekurangan pasti ada kelebihan, dan kelebihan dari buku yang saya baca ini adalah:
1.    Buku ini menambah pengetahuan pembaca, dan salah satunya pengetahuan mengenai Sejaraah Israel pada zaman alkitab.
2.    Didalam buku ini sangat jelas dalam menjelaskan tentang permulaan bangsa hingga perpecahan bangsa Israel.
3.    Buku ini memiliki kualitas yang bagus dan tebal.
4.    Buku ini ditulis oleh pengarang yang Profesional.

KEKURANGAN BUKU
            Didalam kelebihan ada kekurangan, dan kekurangan yang ada dalam buku ini adalah:
1.    Di dalam buku ini kurang dapat di menegerti semua orang, buku ini harus kita baca semua baru kita mengerti.
2.    Di dalam buku ini terdapat gambar daan ada juga yang kurang jelas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pendidikan agama kristen

sifat tokoh alkitab

Berikut 12 tokoh Alkitab yang hidup penuh sabar, dan patut untuk kita teladani 1. Ayub Ayub, salah satu tokoh yang di kenal sabar dalam Kita...