pebrihal@gmail.com
syalom semuanya
SEJARAH ISRAEL
Pada Zaman Alkitab
DI SUSUN OLEH :
Nama : PEBRIYANUS HALAWA
Nim : S1. 77.3066
Prodi :
THEOLOGI
Sms/Tngkt : I/I
Dosen Pemb. : DR. Ruben Nasimnasi, M.Th
SekolahTinggiTheologi
“IKAT”
Jakarta, 2018
Stelah
saya membaca buku yang berjudul, Sejarah Israel Pada zaman alkitab, saya banyak
menemukan hal-hal yang sangat menarik
didalam buku ini untuk itu saya akan menjelaskannya, demikian sebagai berikut:
PARA
BAPAK LELUHUR
Zaman
permulaan sejarah, awalnya abraham, kemudian dilaanjut kan denagn kelahiran
ishak, (kej. 21:1-7) Dn Yakub ( Kej. 25:19-26) samapi denagn kedua belas anak
Yakub yang menjadi nenk moyang dua belas suku Israel ( Kej. 29:31,30:24 ).
Orang-oarang inilah ang dikenal denagn sebutan bapak-bapak leluhur dalam bahasa
Yunani “PATRIARKH”
Penelitian
arkheolog, bahwa sebelum zaman Abraham, diperkirakan hidup pada tahun 1900
sebelum Masehi, terdapapat kebudayaan yang besar disaana, diwilayah asia barat
daya di peroleh bukt-bukti tentang manusia-manusia penghuni Gua, yang
diperkirakan hidup di asia barat daya sekitar tahun 10.000 SM.
TAHUN
Sebelum
Masehi
10.000 penghuni
gua-gua
9.000
8.000 penghuni
kota yang pertama
7.000
6.000
5.000 peradaaban
di Mesopatamia
4.000 peradaban
di Mesir
3.000 Tulisa-tulisan
pertama pada zaman Mesir Kuno
2.000 Abraham
1.000 Daud
0 Yesus
Kristus
Masehi
1.000
2.000 Masa
Kini
SIAPAKAAH
PARA LEELUHUR ISRAEL ITU?
Terah, adala ayah abraham, dan keluarganya
bersaahabat dangan bangsa yaang mendiami, kota Ur dibagian selatan Mesopotamia.
Abraham akhirnya meninggalkan sanak saudaranya daan rumaah bapa
nya di Haran pergi mencari suatu padang penggembalaan yang baru bagi
ternak-ternaknya, dan suatu tempat tinggal yang baru untuk rumh tangganya (Kej. 12:1) didalam kitab kejadian yang
lainya dapat kita baca dan dappat kita ketahui dan menemukan nama Batuel, anak
Honor dan Milka, (kej, 24-24) dan aanak Batuel yaitu Laban dan Ribka, mereka
semua maih kelaurga dekat daangan abraham, namun berdiam ddikota Nahor yakni
kota yaang dengan kota Haran.
Ishak, kelahiran Ishak menjadi penting sebab ia adalah ahli
waris Janji-janji Allah, mellaalyi jaanji jjanji itu akan digenapi kita teelah juga memperhaatiakn
bahwa abraham hampir sampai
mempersembahkan Ishaak ketika masih Kecil. Sebelu abraam meninggal dunia
i mengatur perkawinan Ishak, ia menyurh hambanya pergi kekeluargkanya ke
Mesopotamia utara untuk meminangseorang wnita untuk istri anaknya(kej. 24)
denagn cara meminta air untuk unta tunggangannya, hamba itu menemukan seorang
gadis yang murah hati, ramah dan Pekerja keras ia benama Ribka.
Esau dan Yakub, esau aanak tertua,
sehinggaa iaa terpancing untuk malakukan hal-hal yang yang anagt disesalinya di
kemudian hari, daan Yakub sangat bermbisi dan bagai man ia menemuka tipu daya untuk menupuk kekuasaan untuk
dirinya sendiri, namun allah memlih yakub untuk menjadi ahli waris dari
perjanjian nya yaang didirikaan nya denagn abraham, yakub adalah soorang yang
kasar, dan penuh kelicikaa dan tidak
sudi memberikan jawaban terhadap panggilan allah. Yaakub berrhasil menegelabui
Esau untuk memperoleh hak kesulungan, (kej. 27:23)
Yusuf, dijual kemesir untuk dijadiakn seorang budak disanaa
karena jujur dan kerja keras akhirnya
diberi kepercayaan dalam jabatan tertentu, namun karena dituduh melakukan
perzinahan ia dipenjarakan. penjara iaa di perlihatkan kemahirannya emnafsirksn
mimpi firaun, Firaun kemudian menganggakat yusuf menduduki, salahsatu kedudukan
jabatan kepemmpinan di Mesir, dalam kedudukannya itu ia berhasil dari bahaya
kelaparan, yan gmelanda negeri itu selaama 7 tahun lamanya, dan dengan demikian
lebih meningkaataakan kekuasaan dan kewajiaaban Firaun di mata rakyatnya
sendiri, yuuf juga meringankan pendderitaan keluarganya dengaan menagajak
merekaa bediam di mesir agar ia dapaat memelihara mereka. Dengan demikian ia
menggenapi maksud Allah (kej 45:5)
ALLAH ABRAHAM
Allah
ingin menagjaarakan manusia tentang banyak hal tentang drinyaa sendiri ,
tenteng dunia dan tempat manusia ddidalam duniaa, sudah tentu allah memiliki
keahlian dan kebijaksaan yang jauh melebihi keahlian dan kebijaksanaan seorang
guru yang mashur sekalipun. Kiatb kejadian menggunakan nama Yahweh ini
diterjemahkan denagn kata Tuhan yang di cetak denagn huruf besar sedangkaan
kata tuhan yang di cetak dalm huruf-huruf kecil di pergunakan untuk
menerjemahkan kata yang lain yakni kata Adonai.
Penduduk
Ur dan haran ternyata menyembah Dewa yang sama , yaitu dewa bulan , yang
disebut denagn “sin” dan masih ada samapi sekarang, kuil it dinamakan
“ziggurat” yaitu sebuah menara ya ng dibangun denag batuu-bata merah dan
merupakan salah satu bangunan berlantai 3 yang besar.
Abraham
meninggalkan Ur, dan pergi keHAran dan juag menyembah dewa yang sama dengan yng
disembah di Ur, tanpa alasan –alasan keagamaan dibalik perpindahan itu. Juga
nama – nama dari beberapa kelaurga Abraham seperti Terah, Laban, sara, dan
milka Adalah nama-nama yng oalh para Ahli dihubungkan dengan pemujaan dewa
bulaan tersebut.
PERJANJIAN
Persekutuan
perjanjian adalah suatu persetujuan diman paara penyembaah berjanji untuk tetap
taat setia kapada dewa sembahannya sebagai imbalan atas segala berkat dan
perlindungan yang mereka anggap diberikan oleh para dewa tersebut. Hubungan
allah dengan Abraham adalah seperti itu, allh berulang kali mebaharui
perjanjiannya dengan Abraham kemudian dengan Ishak dan dengan Yakub.
SUNAT
Sunat
adalah, suatu adat yang yang dikenal sebagai secara luas dizaman paraa bapa
leluhur Isrel daan yaang biasanyaa merupaaka bagian upacaara inisiasi (upacaraa
Akil belig) dimana seorang pemuda di terima menjadi anggota muda sukunya.
MEZBAH-MEZBAH DAN KORBAN PERSEMBAHAN.
jenis mezbah yang didirika oleh bapak leluhur itu
berbentuk tinag batu , ibadah dilakukan dengan menuangkan minyak keaatas puncak
ting batu itu, diaat yang sama seorang
beribadah itu menyebut nama allah sebagai respons kepaadanya (kej.2:8).
ETIKA
Peraturan pereturan khusus mengenai tngkah laku di aambil
kebiasaan secara umum di terima oleh bangsaa-bangsa pada masa itu. Umat
Israae;l menyadari kebajikan yang tinggi adalah melayaani allah dan melakukan
kehendaknya. (ul. 9;27 dan Neh 9:7).
KELUAR
DARI MESIR
BUKTINYA.
Yusuf
berkuasa di Mesir
Perbudakan
israel selama 40 tahun
Suku
–suku dipadang Gurun
Terbentuknya
Palestina bagi pemukim – pemukim baru,
Kota-kota
Palestina yang dihancurkan
penent
uan wakktu menurut alkitab
TUHAN TELAH MEMBAWA UMAT ISRAEL KELAUR
DARI MESIR
PANGGILAN MUSA, Di padang gurun musa bertemu dengan allah., musa percaya
bahwa allah telah berbicara kepdanya untuk pergi menemui Firaun dan
memerintahkan Firaun membebaskan orang-oarang Israel Yang diperbudak.
SEPULUH
FIRMAN, Firaun sama sekali tidak ingin mebebaskaan oarang-oarang Israel. Adapun
tulah yang di berikan tuhan pada waktu itu yaitu, salah satu bencana itu
adalaah wabah penyakit, yang mengakibatkan kematian Anak-anak. Lagenda kematian
semua anak sulung dalam seluruh baangsa mesir (kel. 12:27).
MENYEBRANGI LAUT TEBERAU, laut gelagah atau laut teberau di pakai dalam keluaran
13:18 dan 15:12, posisinya Air di sebalah tanggara atau di sebelah timur kota
pitom, dan mungkin penyebrangan itu berlangsung di tempat tersebut. Ia (allah)
telah menggunakan keluatan-kekuatan untuk melksanakan maksud-maksudnya, dari
pada melanggar hukum alam, kejadian aneh lainnya yaitu terbentuknya “tiang awan”
diwktu siang dan tiang “api” diiwaktu malam (kel.13:21), musa juga menunjukan
dimana, oarang-orang Israel bahwa merekapun dapat memakan “manna” kata manna
dalam bahasa ibrani, berarti “apakah ini” mungkin manna adaalah sejenis
zatbyang dihasilkan oleh serangga yang hidup pada pohon-pohon tamariska yang
bertumbuh di padang gurun,
orang-oaaraang israel mereka akan maakan daging burung puyuh (Kel 16:13
; Bil, 11:31)
GUNUNG SINAI, musa membawa orang-orang Isrel kegunung dimana ia bertemu denang Allah petama kalinya.
PERJANJIAN SINAI, musa mnginginkan aagar orang-orang Israel itu
bersama-sama mengalami secara langsung suatu pengalaman yang serupa. Keluaran
19: 10- 17 dan 19:17
Musa
agak mnghraapkan agar dapat menjadi perantara antara Allah dengan orang-orang
Isrel itu.
HUKUM TAURAT DAN PERJAJIAN
HUKUM
TAURAT DAN PERJAJIAN dan TRADISI PADA ZAMAN.
ALLAH
YANG DI PERCAYA MUSA, dasa titah adalah lagenda kisah keluaran dari mesir,
untuk atau ôdakalogö kata ôdakalogö berasal dari bahasa yunani
-akulah
tuhan allahmu
-jangan
ada allah lain dihadapanku
-janagn
membuat bagimu atung menyerupai apapun
-janagn
menyebu nma yuhan allah y=mu denagn sembarangan
-ingat
dan kyuduskan hari sabat
-jangn
membunuh, berzinah, mencuri, memberi kesaksian dusta,dan mengingini.
Dasa
titah itu di tulis di atas dua loh batu ôpeti perjanjianö, oarang-oparan israel
membuat mezbah-mezbah dari batu alamiah, dan menyususn batu-batu menjadi mezbah
apa bila di perlukan. Korban û korban persembahan yang di persembahkan diatas
mezbah ini adalah korban bakaran dn korban perdamaian (kel. 20:24; 24:25)
Kel.
34:14-26 oarang israel berada di Gunung Sinai dan bentuh asli dasa titah itu
yaitu ôDekalog Kultisö
Hari
raya paskah di kalangan orang-oarang yahudi bahwa allah telah menyelamatkan
uamat israel dari perbudakan. Dan upacara paskah tersebut setelah bangsa israel
menetap di Palestina.
KEDUA
BELAS SUKU
ôJADI
SELURUH NEGERI YANG DIBERIKAN TUHAN KEPADA ORANG ISRAEL YAKNI NEGERI YANG
DIJANJIAKAN NYA DENGAN BERSUMPAH NUNTUK DIBERIKAN KEPAD NENEK MOYANG MEREKA.
MEREKA MENDUDUKI NEGERI ITU DAN MENETAP DISANAö. YOS 21:43
Tanah
yang disebut palestina ini paa wal penduduknya di kenal denagan sebutan kanaan.
Kedua
belas suku isrel itu menetap di palestina karena, pembagian tanah, karya para
hakim.
Musuh-musuh
Israel, bangsa filistin, bangsa kanaan, suku-suku yang berbahasa aram (Otniel
berhasil mengalahkan raja edom, ehud berhasil membunuh raja moab sekitar tahun
1175 SM, Yefta, sekitar tahun 1050 SM.), bangsa bangsa pengembara.
Adapun
tabut perjanjian merupakan pusat dari persekututan ibadah kedua belas susku
kepada TUHAN. Mereka menggap tabut perjnjain aitu ada kuasa yang di percayai
oleh tentara pada zaman itu.
Adapun
kitab perjanjian denagn memperkenalkn perintah û perintah sebagai mana yang
dapat di baca sekarang dalam keluaran 20:22-23:33, pasal-pasal inilah yang
disebut ôkitab perjanjianö
KETIGA
HARI RAYA YAITU, pesta roti tidak beragidan pesta panen, berlangsung pada musim
semi, masing-masing pada permulaan dan akhir panen. Yang satunya lagi adalah
pesta penegumpulan hasil yang berlangsung pada musim gugur.
RAJA-RAJA
ISRAEL YANG PERTAMA.
SAUL,
DAUD, SALOMO,.
PARA
RAJA, NABI DAN IMAM
1.
RAJA
Raja
ûraja yang pertama di israel mempunyai tugas politis.
2.
NABI û NABI
Pelihat : para pelihat adalah orang
ûpelihat-pelihat adalah oaring-oarang yang mampu melihat dan meanafsirkan
kebenaran tentang masa ;lampau masa kini dan masa depan secara lebih tepat dari
pada orang-orang lain.
Rombongan Nabi : mereka adalah
kelompok orang yang biasanya hidup bersama û sama di suatu tem pat ibadah
seperti gilga daan di gibea, melalui ransangan music mereka dapat mengalami
kesurupan roh bersam-sama.
Nabi û nabi perorangan ; nabi-nabi
perorangan inilah yang rupanya cocok dengan sebutan ônabiö atau ônabi ALLahö
Imam-imam tugasa para imam adalah
memimpinumat Israel untuk beribadah kepada allah, setelah kerajaan Israel raya
terpecah du kerajaan kecil beberapa dari tempat-tempat suci itu seperti DAN,
BATEL menjadi tempat peribadahan resmi, khususnya bagi oaring-orang Israel di
kerajaan utara.
DUA
KERAJAAN
Zaman
bangsa-bangsa kecil, MESIR, dalam tahun 918 sm, firaun sisak I berhasil
menguasai Palestina raja rehabeam dari yehuda terpaksa membayar sejumlah upeti
yang besar sekali kepada Firaun sisak supaya Yerusallaem dapat luput dari gempuran
tentara mesir. ASYUR, pada saat mesir menjadi lemah bangsa Asyur untuk pertama
kalinya memainkan peranannya dalam kehidupan bangsa û bangsa yang tinggal di
kaasan palestina dan neger-negeri sebelah timur sungai yordan . Asyur adalah
suatu bangsa yang meempunyai sejarah yang panjang dan beraneka ragam dan yang
sedang menghimpun kekuatan sebagai persiapan untuk masa jayanya.
ISRAEL
DAN YEHUDA
Pemberotakan
(1 raja-raja 12:1-20) pemberontakan pertama yang dilancarkan ioeleh yerobeam
pada masa ketika salomo masih hidup masih didorong oelh nabi ahia.
PENGARUH
NABI-NABI, seorang nabi yang lain yang
mengingatkan rehabeam agar tidak memakskan kekuasaannya atas susku-suku di utar
mempengaruhi kejadian-kejadiankejadiian israel di utara itu.
KERAJAAN
ISRAEL YANG BARU, Bait Allah dan kelaurga Daud sebagai pemerintah turun
temurun dengan demikian rehabeam dan
para penggantinya lebih muah mempertahankan kelangsungsn hidup kerajaan yehuda.
SANGKETA
PERBATASAN ANTARA YEHUA DAN ISRAEL, Raja Daud memilih kota ini sebagai i u kota
kerajaanya karena terletak diantara dua kelompok susku-suku israel yang di
perintahnya.
PEMERINTAH
KELUARGA OMRI, Raaja Omri, putra Baesa yang bernama Ela yang bsempat menjadi
raja israel di bunuh oleh imri dalam suatu kudeta yang dilancarkan
Raja
Ahab, menjadi raja isreal karena ia adalah putra Omri, keluarga omri kehilangan
kekuasaan menjelang aakhir hidupnya.
KERAJAAN
YEHUDA DAN KELAUARGA OMRI
Yoas
adalah salah satu putar ahazia dari perkawinan Zibya dari Berseba berhasil di
selamatkan dari penumpasan itu dan sembunyikan hingga besar dalam bait allah.
Adapun maasa kelemahan, keadaan yehuda tidak jauh lebih baik siria yang ada
pada waktu itu menjadisanagt kuat menggerakkan tentaranya untuk merebut kota
Gat yang berada jauh dalam wilayah yehuda. , aadapun jug masalah yaitu : para
Baal yang diman pertikian agama yang serius pada periode ini berkisar padaa
penyembahan terhadap baalim atau para Baal. Kemudian ada juga masalah ôSEJARAHö
pengkanonan dan baanayk sekali hal hal yang lainnya juga
KEMAHARAJAAN
ASYUR, bangsa Asyur adalah salah satu bangsa yang mendiami daera Mesopotamia
selama beberapa Abad lamanya. Ibukota mereka ôAsyurö dan terletak di tepi barat
sungai Tigris.
Raja
asyur dn masa pemerintahanya yang terpenting adalah sebagai berikut;
Tiglat-Pileser
III 745-727
Salmaneser
727-722
Sargon
II 722-705
Sanherib
705-681
Essarhaddon
681-669
Asyurbanipal 669-631
Agama
asyur menyembah banayak dewa.
Masa
lekuasaan Asyur Lemah (800-745) sebelum masehi
TINGLAT-PILESER
III (745-727) sebelum masehi
SALMANESER
(727-722) sebelum masehi
SARGON
II (722-705) sebelum masehi
SENHERIB
(705-681) SM
ASYUR
DAN MESIR
TAHUN
TAHUN TERAKHIR ASYUR, persoalan ityu ialah
pemberontakan yang dilakukan bangsa babilonia di yahun 652 SM. Ketika
firaun Nekho dari mesir bergerk keutara untuk membantu sisa-sisa kekuatan Asyur
dari kepunahannya yosia dan lawannya dan akibatnya Yosia sendiri tewas dala
pertempuaran di megido pada tahun 609 SM (2 Raj 23:29)
CAMBUK
MURKA TUHAN, yaitu Tuhan dan dewa Asyur,
dan dapun bangsa Asyur di bawah kekauasan Asyur dan Dewa tertinggina, hal itu
nyata ketika seorang pemimpin pasukan Asyur disebut Rabsyake dakam usahanya
untuk membuat penduduk Yerusallem
menyerah telah memanfaatkan cara berpikir seperti itu.
Amos
menunjukan kepada mereka bahwa betapa salahnya mereka beranggapan TUHAN akan
nberkenn denagn iabadahibadah meraeka yang rermi sementara melupakan sesamanya
manusia, namun dalam mmencari pertolongan sesamanya manusia dalam menghadapi
masa-masa yang penuh kesukaran, pertolongan itu mereka harapkan melalui
kkemurhan hati Bangsa asyur, tetapi yesaya terus û menerus mengingatkn
orang-orang Israel di Yehuda agar tidak mengikat diri kedalam suatu aliansi
atau persekutuan militer dengan negara-negara lain. Satu-satunya pertolongan
dan pengharapan bagi yehuda ialah percaya kepada allah saj baik raja maupun
seluruh rakyat.dan keadilaln tuhan, percaya tentang datangnya hari tuhan,
percaya akan seorang raja yang benar, percaya tentang adanya suatu ôsisaö yang benar, percaya tentang terhadap Kota
suci
ZAMAN
BABILONIA, adapun zaman bangsa-bangsa
yang besar, diantaranya yaitu, Ada MESIR, dalam bangsa ini daalm tahun 605 SM
Nebukanezar memimpin angkatan perang Babilonia dan memerangi pasukan-pasukan
mesir itu di Karkhemis, dan berhasil mengalahkan meeka secara tuntas YEREMIA
46:2, dan ada juga MEDIA, hampir sekitar 70 tahun lamanya hubungan antar bangsa
Babilonia dan MEDIA berlangsung secara dama, ada juga, BABILONIA kerajaan
Babilonia kuno telah runtuh sekitar seratus tahun setelah berdirinya, dala
tahun 625 SM seorang Kasdim yang bernama NEBOPOLASAR berhasil merebeut
kekuasaan atas kota tersebut. Pada tahun 570 SM di Mesir terjadi suatu revolusi
dimana Firaun Apries di gulingkan dari tahta dan Firaun Amasis naik tahta menggantikannya.
adapu agama Babilonia Marduk, (atau Moradakh, sebagaimana disebut dalam
alkitab,) dalah dewa kuno dari kota Babilonia orang-otang bailonia mempercayai
sebagai perwujudan Dari Dewa Matahari.
PEMBUANGAN
BABILONIA, dapun pembuangan yang terjadi pada masa- kemasa yaitu: pembuangan
pertama terjadi pada tahun 597 SM,
pembuangan kedua 578 SM, pembuangan ketiga 582 SM.
NYANYIAN
TUHAN DI NEGERI ASING, pada zaman sebelum Yerusallem Zatuh, yaitu: bagi yehuda
ôhari tuhanö justru merupakan suatu hari penghukuman, raja-raja keturunan daud
hanya dapat membawa harapan bagi yehuda jikalau raja-raja itu hidup secara
benar dan taat kepada allah, Yeremia memeberi usatu pemahaman baru terhadap
pandangan tentang sisa Israel, kota kudus pada akhirnya akan menjadi usetu
tempat dslm rencana allah. Edan sesudah Yerusalem jatuh, adapu adat-adat yang
lam yaitu: sunat, hari sabt, Mazmur-mazmur, hukum-hukum allah, Sejarah.
KEMAHARAJAAN
PERSIA, Ketika bangsa Babilonia merebut dan menguasai bagian selatan dari
kemaharajaan Asyur banga media menguasai bagian utaranya selam kurang lebih 70
tahun mereka berdampingan denagn damai. Kemaharaan persia mempunyai musuh-musuh
yang berbahaya baginya yaitu kerajaan
Mesir dan Yunani, bangsa yunani pun diancam bahaya yang sam untuk keialngan
kemerdekaan hanya sisa kemaharajaan perisa tidak berhasil menaklukan Mesir.
Dapun
agama untuk agama oarang persia, adalah suatu KULTUS yang sedehana sekali, yang
berhubungan dengan kehidupan pengembalaan dan pertanian, zoroatrianisme adalah
agama peris yang berkembang menjadi agama penting sekali dalam kalangan bangsa
persia. Agama ini bersiafat keduaan atau dualistis, dan agama ini juga amat
mempengaruhi gaya pemerintahan raja-raja persia.
Pembangunan
kembali yehuda, adapun yaitu, basminya
harapan, Yehezkiel deutero-Yesaya, pembangunan kembali bait allah, kecamatan
Yehuda di nYerusalem sanagt sulit, daan ada juga masanya Yehuda berdaulat, pada
tahun 445 SM, kitab yang diberikan tuha
kepada Israel pemimpin Agama dan para
pemimpin komuntas baru di yerusallem yaitu adalah para imam yang dikepalai
orang imam besar, jabatan Imam besar itu baru di tetapkan setelah pembuangan,
dan tuga s mereka adalah menaga agar sekuruh kehidupan peribadahan di bait
allah yakni, ibadah-ibadah korban dilaksankan dengan baik, dan sebagai mana
mestinya, EZRA 3:3,6
PERAYAAN-PERAYAAN,
keagamaan, pada perayaan ahri perdamaian imam besar disamping mempersembah
korban penebus salah baik, bagi dirinya sendiri, maupun bagi uamatnya juag
mengadakan perdamaian bagi tempat kudus itu sendir, Imamat, 16:3,5,16. Dan
adajuga adat istiadat Yahudi, masalah oarang-oarang yahudi, menyangkut
bangsa-bangsa asing atau bukan yahudi, yang tidak mengenal hari sabat, dan Ezra
mendorong agar orang-orang yahudi diluar yerusallem membagun sinagoge sepaya
dalam sinagoge itu tulisan suci mengenai agama israel terus dibaca dan di
pelihara.
KERAJAAN
YUNANI, bangsa yunani telah mempunyai sejarah yang panjang. Mereka t6elah
mempunyai beberapa negara-yang masing-masing hidup secar sendiri-sendiri. Tidak
ada salh satu diantaranya yang berhasil tampil sebagai yang terkuat dan yang
mempu mempersatuka seluruh negeri yunani, menjadi satu negara, dan bangsa
Filistin sebenarnya adalah termasuk kelompok suku-sukubagsa tuani yang terpaksa meninggalkan tanah airnya karena
terdesak oleh kelompok suku-suku baansa yunani lainya, yang lebih kuat. Dan
orang-oarang Yunani sangat gemar
mendiskusikan berbagai pendapat tentang demokrasi dan keadila.
BANGSA
YAHUDI MENENTANG KEBUDAYAAN YUNANI, itu
semua di mulai pada masa pemerintahan WANGSA PTOLOMEUS, WANGSA SALEKUS, paada
masa pemerintahan merekalah, bangsa yehudi menenentang kebudayaan YUNANI,
adapun juga para pejuang Kemerdekaan,
bangsa Asyur mengandalkan kekuatan militer untuk mempertahankan
kekausaan dan pemerintahan mereka, bangsa Babilonia, berusahaa mematahkan
kesetiaan tiap bangsa, bangsa Persia percaya dapat menjalin hubungan
persahabatan denagan bangsa yang dikuasainya, adapun cara bangsa Yunani, yaitu, sikap menerima, kebudaaan yunai,
sepenuhnya sambil, berusaha membebaskan diri dari, yudaisme. Kaisran romawi, israel padaa masa itu di
kuasai Roma, oleh Herodes Agung,
adajauga perpecahan Herodes Agung, herodes agripa, herodes antipas. Dan
akhirnya bangsa yunani percaya akan semua itu.
KELEBIHAN BUKU
Didalam
kekurangan pasti ada kelebihan, dan kelebihan dari buku yang saya baca ini
adalah:
1. Buku ini menambah pengetahuan pembaca, dan salah satunya pengetahuan
mengenai Sejaraah Israel pada zaman alkitab.
2. Didalam buku ini sangat jelas dalam menjelaskan tentang permulaan bangsa
hingga perpecahan bangsa Israel.
3. Buku ini memiliki kualitas yang bagus dan tebal.
4. Buku ini ditulis oleh pengarang yang Profesional.
KEKURANGAN BUKU
Didalam
kelebihan ada kekurangan, dan kekurangan yang ada dalam buku ini adalah:
1. Di dalam buku ini kurang dapat di menegerti semua orang, buku ini harus
kita baca semua baru kita mengerti.
2. Di dalam buku ini terdapat gambar daan ada juga yang kurang jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar