@jejaklangkah747

Rabu, 18 September 2019

MURTAD


 NAMA : PEBRIYANUS HALAWA
NIM : 77.3066
 
2Tim 3:1-4
KEMURTADAN
1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. 2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,
3 tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, 
4 suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
1.       APA ITU MURTAD?
IBRANI 6:6  
1.       MENYALIBKAN LAGI ANAK ALLAH,
2.       MENGHINA ALLH DI MUKA UMUM.
Dalam kamus besar bahasa indonesia, murtad artinya berbalik belakang; berbalik kafir; membuang iman; berganti menjadi ingkar;
MENURUT BAPA-BAPA GEREJA Tertulianus, yang dikenal dengan Bapa Teolog Latin. Karya Tertulianus yang terbesar dan terpanjang adalah kelima jilid bukunya yang berjudul adversus Marcionem (melawan Marcion). Dimana Marcion adalah orang murtad terbesar pada abad ke-2. Marcion murtad karena memadukan Gnostisisme dengan kekristenan menurut Rasul Paulus. Yang dianggap membuat orang murtad menurut Tertulianus adalah filsafat Yunani, yang pada akhirnya disebut sebagai sumber ajaran sesat. Ia menekankan sifat paradoksial dari iman dan kontras antara agama dan filsafat. Namun hal ini jangan disalah tafsirkan. Di sisi lain, ia dapat mendasarkan diri pada unsur-unsur filsafat Yunani yang sesuai dengan agama Kristen. Senada dengan Tertulianus, Clemens menunjukkan, bahwa orang dapat saja menyelidiki hal-hal yang berhubungan dengan filsafat dan intelek tanpa menjadi seorang yang murtad
2.       SIAPA YANG MURTAD?
Yang murtad dalah orang-orang yang berada pada akhir zaman ini, (Matius 24:9-13)
  ZAMAN INI DAN ZAMAN YANG AKAN DATANG
BAGAIMANA TANDA- TANDA ORANG MURTAD????
1Tim 6:17. Hari-hari terakhir adalah sekarang ini (Kis 2:16-17; Ibr 1:2 )
*      "akan datang masa yang sukar" Ini menunjuk pada "rasa sakit melahirkan" dari zaman baru (lih. Mat 24; Mr 8:13; Luk 21; Rom 8:22; 1Tim 4:1).

Telah Ada banyak diskusi di antara para komentator dan teolog tentang keadaan masyarakat manusia saat Tuhan kembali. Bagi sebagian orang, kekuatan Injil dan karya Roh mengubah masyarakat manusia menjadi lebih baik (postmilenialisme). Bagi orang lain, PL dan PB memprediksi sebuah kesimpulan malapetaka terhadap sejarah manusia (pramilenialisme dan amilenialisme).
Pembahasan Paulus tentang "orang durhaka" dalam 2Tes 2 menunjukkan suatu kejahatan dan pemberontakan yang meningkat, seperti halnya 1Tim 4 dan 2Tim 3. Yesus akan datang untuk memulihkan ketertiban dan kebenaran.

*      2Tim 3:2 "Manusia akan mencintai dirinya sendiri" Untuk daftar yang serupa tentang pemberontakan, lihat Rom 1:28-32. Ciri khas ini adalah inti dari pemberontakan manusia. Ini adalah sebuah istilah majemuk (hanya ditemukan di sini di dalam PB) dari kasih (philos) + diri (auto) (lih 2Tim 2:21).
*      "hamba uang" Lihat catatan di 1Tim 3:3; 6:10.
*      "membual" Ini mencirikan kebanggaan manusia atau kepercayaan pada diri sendiri (lih Rom 1:30; Yak 4:16; 1Yoh 2:16)
*       "menyombongkan diri" Ini menggambarkan seseorang yang menganggap dirinya lebih unggul dan mengungkapkannya dengan kata-kata dan perbuatan (lih Luk 1:51; Rom 1:30; Yak 4:6; 1Pet 5:5). Istilah Yunaninya adalah huperēphanos.

Dalam konteks ini membhasa tentang tokoh
1. Para malaikat (lih 2Pet 2:10-12)
2. Manusia-manusia lain (lih 1Tim 6:4; Tit 3:2; 1Pet 4:4)
*      "berontak terhadap orang tua" Ini mungkin berhubungan dengan Sepuluh Perintah Allah (lih Kel 20:12). Bagi orang Yahudi, keluarga yang kuat berarti masyarakat yang stabil ("Hari-harimu akan diperpanjang di tanah ini"). Ketegasan diri selalu menyakiti hubungan interpersonal di rumah, di gereja, di tempat kerja, dll.
*      "tidak tahu berterima kasih" Ini adalah istilah untuk "kasih karunia" yang dinegasikan. Beberapa kata dalam daftar ini adalah istilah yang dinegasikan dengan ALPHA PRIVATIVE. Ini adalah orang-orang yang tak tahu berterima kasih, egois, dan mengganggu.
*      "tidak mempedulikan agama" Ini adalah bentuk yang dinegasikan dari kata hosios, yang merujuk pada seseorang yang mengamati semua hukum Tuhan dan oleh karena itu, menganggap dirinya saleh atau taat (lih. Tit 1:8) dan murni (lih 1Tim 2:8). Hosios digunakan untuk menggambarkan Yesus dalam Kis 2:27; 13:35 (sebuah kutipan dari Mazm 16). Dalam Ibr 7:26 Ini adalah ciri khas Yesus, Imam Besar kita. Paulus menggunakannya untuk menggambarkan tindakannya sendiri terhadap orang-orang percaya di Tesalonika (lih 1Tes 2:10).
Pasal 3: 3
*      "tidak tahu mengasihi" NRSV "tidak manusiawi" TEV "mereka akan menjadi tidak baik" NJB "tak berperasaan"
Ini adalah istilah Yunani untuk kasih sayang alami, dinegasikan (lih Rom 1:31). Ini merujuk pada kurangnya kasih kemanusiaan atau kekeluargaan.
v  NASB "tidak mau berdamai"
NKJV "tak kenal ampun"
 NRSV "kepala batu"
 TEV "tanpa belas kasih"
 NJB "keras kepala"
Ini adalah istilah Yunani untuk membuat sebuah perjanjian atau kesepakatan, dinegasikan (lih Rom 1:31). Ini merujuk pada orang-orang yang tidak mau menebus atau memulihkan suatu hubungan.
*      "suka menjelekkan orang" Ini adalah istilah Yunani untuk "memfitnah" (diaboloi) yang juga merupakan istilah untuk Setan (Ibrani) atau Iblis (Yunani). Lihat catatan di 1Tim 3:11.
Ini adalah istilah Yunani kratos yang berarti "kekuatan, kuasa, keperkasaan," dinegasikan. Ini hanya ditemukan di sini dalam PB. Orang-orang ini tidak memiliki kontrol diri (lih Mat 23:25; 1Kor 7:5).
*      "garang" Ini adalah istilah Yunani untuk "jinak, lembut atau ringan," dinegasikan. NJB memiliki "manusia liar." Hanya ditemukan di sini di PB
*      "tidak suka yang baik" Ini adalah kata majemuk Yunani philos + agathos (yaitu mencintai yang baik, lih. Tit 1:8), dinegasikan. Hanya ditemukan di sini di PB. Orang-orang ini adalah musuh dari semua yang baik dan berbudi luhur.
*      2Tim 3:4 "suka megkhianat" Ini adalah kata majemuk Yunani "mengalihkan" yang digunakan secara idiomatik menjadi "pengkhianat" (lih Luk 6:16; Kis 7:52).
*      "tidak berpikir panjang" Istilah Yunani ini adalah kata majemuk dari pros + piptō yang digunakan secara idiomatis karena tidak berpikir dan dengan demikian bertindak tidak rasional (lih Kis 19:36).
NASB "sombong"
NKJV "berlagak tahu"
 NRSV "bengkak dengan kesombongan""
TEV "bengkak dengan kebanggaan"
NJB "gila karena bangga"
*      "menuruti hawa nafsu daripada menuruti Allah" Paulus telah menggunakan beberapa kata majemuk dengan philos:

3.       DIMANAKAH KEMURTADAN ITU TERJADI.????
 di Korintus (1Kor 4:17; 16:10).
 Efesus (1Tim 1:3).
4.       KAPAN KEMURTADAN ITU TERJADI.....???
2Tim 3:1 "hari-hari terakhir" Jangka waktu ini disebut dengan beberapa nama.
1. Hari-hari terakhir, Bil 24:14; Ul 8:16; Dan 2:28;
2. di hari-hari terakhir, Yer 23:20; 30:24;
3. di Waktu Terakhir, 1Pet 1:5
4. di akhir zaman, 1Pet 1:20
5. selama hari-hari terakhir, 2Pet 3:3
 6. jam terakhir, 1Yoh 2:18
Di akhir dari hari-hari terakhir adalah "hari Tuhan" (yaitu, "penyempurnaan," Mat 13:39).
Orang-orang Yahudi dari periode antar alkitab melihat dua zaman: zaman pemberontakan dan dosa yang jahat saat ini (dimulai dari Kej 3) dan masa kebenaran yang akan datang yang diresmikan oleh kedatangan Mesias dalam kuasa Roh. PL menekankan kedatangan Mesias dalam penghakiman dan kuasa untuk menetapkan zaman baru. Namun demikian, gagal untuk melihat dengan jelas kedatangan Yesus yang pertama sebagai (1) "Hamba yang Menderita" dalam Yes 53; (2) Yang rendah hati yang mengendarai seekor anak keledai di Za 9:9; Dan (3) yang ditikam dari Za 12:10. Dari wahyu progresif PB kita tahu bahwa Tuhan merencanakan dua kedatangan Mesias. Periode di antara Inkarnasi (kedatangan pertama) dan kedatangan kedua melibatkan ketumpang tindihan dari dua zaman Yahudi ini. Ini ditunjuk dalam PB dengan ungkapan "hari-hari terakhir". Kita telah berada di periode ini selama lebih dari 2000 tahun.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pendidikan agama kristen

sifat tokoh alkitab

Berikut 12 tokoh Alkitab yang hidup penuh sabar, dan patut untuk kita teladani 1. Ayub Ayub, salah satu tokoh yang di kenal sabar dalam Kita...