|
1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang
sukar. 2 Manusia akan mencintai
dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan
diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua
dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,
3 tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan
orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,
4 suka mengkhianat, tidak berpikir
panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
1.
APA ITU MURTAD?
IBRANI 6:6
1. MENYALIBKAN
LAGI ANAK ALLAH,
2. MENGHINA
ALLH DI MUKA UMUM.
Dalam kamus besar bahasa indonesia, murtad artinya berbalik belakang; berbalik kafir; membuang iman;
berganti menjadi ingkar;
MENURUT BAPA-BAPA GEREJA Tertulianus, yang dikenal dengan Bapa Teolog Latin. Karya Tertulianus
yang terbesar dan terpanjang adalah kelima jilid bukunya yang
berjudul adversus Marcionem (melawan Marcion). Dimana Marcion adalah
orang murtad terbesar pada abad ke-2. Marcion murtad karena memadukan
Gnostisisme dengan kekristenan menurut Rasul Paulus. Yang dianggap membuat
orang murtad menurut Tertulianus adalah filsafat Yunani, yang pada akhirnya
disebut sebagai sumber ajaran sesat. Ia menekankan sifat paradoksial dari iman
dan kontras antara agama dan filsafat. Namun hal ini jangan disalah tafsirkan.
Di sisi lain, ia dapat mendasarkan diri pada unsur-unsur filsafat Yunani yang
sesuai dengan agama Kristen. Senada dengan Tertulianus, Clemens menunjukkan,
bahwa orang dapat saja menyelidiki hal-hal yang berhubungan dengan filsafat dan
intelek tanpa menjadi seorang yang murtad
2.
SIAPA YANG MURTAD?
Yang murtad dalah orang-orang yang berada
pada akhir zaman ini, (Matius 24:9-13)
ZAMAN INI DAN ZAMAN YANG
AKAN DATANG
BAGAIMANA TANDA- TANDA ORANG
MURTAD????
1Tim 6:17. Hari-hari terakhir
adalah sekarang ini (Kis 2:16-17; Ibr 1:2 )
"akan datang masa yang
sukar" Ini menunjuk pada "rasa sakit melahirkan" dari
zaman baru (lih. Mat 24; Mr 8:13; Luk 21; Rom 8:22; 1Tim 4:1).
Telah
Ada banyak diskusi di antara para komentator dan teolog tentang keadaan
masyarakat manusia saat Tuhan kembali. Bagi sebagian orang, kekuatan Injil dan
karya Roh mengubah masyarakat manusia menjadi lebih baik (postmilenialisme).
Bagi orang lain, PL dan PB memprediksi sebuah kesimpulan malapetaka terhadap
sejarah manusia (pramilenialisme dan amilenialisme).
Pembahasan
Paulus tentang "orang durhaka" dalam 2Tes 2 menunjukkan suatu
kejahatan dan pemberontakan yang meningkat, seperti halnya 1Tim 4 dan 2Tim 3.
Yesus akan datang untuk memulihkan ketertiban dan kebenaran.
2Tim 3:2 "Manusia akan
mencintai dirinya sendiri" Untuk
daftar yang serupa tentang pemberontakan, lihat Rom 1:28-32. Ciri khas ini
adalah inti dari pemberontakan manusia. Ini adalah sebuah istilah majemuk
(hanya ditemukan di sini di dalam PB) dari kasih (philos) + diri (auto) (lih
2Tim 2:21).
"hamba uang"
Lihat catatan di 1Tim 3:3; 6:10.
"membual"
Ini mencirikan kebanggaan manusia atau kepercayaan pada diri sendiri (lih Rom
1:30; Yak 4:16; 1Yoh 2:16)
"menyombongkan diri" Ini menggambarkan seseorang
yang menganggap dirinya lebih unggul dan mengungkapkannya dengan kata-kata dan
perbuatan (lih Luk 1:51; Rom 1:30; Yak 4:6; 1Pet 5:5). Istilah Yunaninya adalah
huperēphanos.
Dalam konteks ini membhasa tentang tokoh
1. Para malaikat (lih 2Pet 2:10-12)
2.
Manusia-manusia lain (lih 1Tim 6:4; Tit 3:2; 1Pet 4:4)
"berontak terhadap
orang tua" Ini mungkin
berhubungan dengan Sepuluh Perintah Allah (lih Kel 20:12). Bagi orang Yahudi,
keluarga yang kuat berarti masyarakat yang stabil ("Hari-harimu akan diperpanjang di tanah ini"). Ketegasan diri
selalu menyakiti hubungan interpersonal di rumah, di gereja, di tempat kerja,
dll.
"tidak tahu berterima
kasih" Ini adalah istilah untuk "kasih karunia" yang
dinegasikan. Beberapa kata dalam daftar ini adalah istilah yang dinegasikan
dengan ALPHA PRIVATIVE. Ini adalah orang-orang yang tak tahu berterima kasih,
egois, dan mengganggu.
"tidak mempedulikan
agama" Ini adalah bentuk yang
dinegasikan dari kata hosios, yang merujuk pada seseorang yang mengamati semua
hukum Tuhan dan oleh karena itu, menganggap dirinya saleh atau taat (lih. Tit
1:8) dan murni (lih 1Tim 2:8). Hosios digunakan untuk menggambarkan Yesus dalam
Kis 2:27; 13:35 (sebuah kutipan dari Mazm 16). Dalam Ibr 7:26 Ini adalah ciri
khas Yesus, Imam Besar kita. Paulus menggunakannya untuk menggambarkan
tindakannya sendiri terhadap orang-orang percaya di Tesalonika (lih 1Tes 2:10).
Pasal 3: 3
"tidak tahu mengasihi" NRSV "tidak
manusiawi" TEV "mereka akan menjadi tidak baik" NJB "tak
berperasaan"
Ini adalah istilah Yunani untuk
kasih sayang alami, dinegasikan (lih Rom 1:31). Ini merujuk pada kurangnya
kasih kemanusiaan atau kekeluargaan.
v
NASB "tidak mau berdamai"
NKJV
"tak kenal ampun"
NRSV "kepala batu"
TEV "tanpa belas kasih"
NJB "keras kepala"
Ini adalah istilah Yunani untuk membuat sebuah perjanjian atau
kesepakatan, dinegasikan (lih Rom 1:31). Ini merujuk pada orang-orang yang
tidak mau menebus atau memulihkan suatu hubungan.
"suka menjelekkan
orang" Ini adalah istilah Yunani untuk
"memfitnah" (diaboloi)
yang juga merupakan istilah untuk Setan (Ibrani) atau Iblis (Yunani). Lihat
catatan di 1Tim 3:11.
Ini adalah istilah Yunani kratos
yang berarti "kekuatan, kuasa, keperkasaan," dinegasikan. Ini hanya
ditemukan di sini dalam PB. Orang-orang ini tidak memiliki kontrol diri (lih
Mat 23:25; 1Kor 7:5).
"garang"
Ini adalah istilah Yunani untuk "jinak, lembut atau ringan,"
dinegasikan. NJB memiliki "manusia liar." Hanya ditemukan di sini di
PB
"tidak suka yang baik" Ini adalah kata
majemuk Yunani philos + agathos (yaitu mencintai yang baik, lih. Tit 1:8),
dinegasikan. Hanya ditemukan di sini di PB. Orang-orang ini adalah musuh dari
semua yang baik dan berbudi luhur.
2Tim 3:4 "suka megkhianat" Ini
adalah kata majemuk Yunani "mengalihkan" yang digunakan secara
idiomatik menjadi "pengkhianat" (lih Luk 6:16; Kis 7:52).
"tidak berpikir panjang" Istilah Yunani ini adalah kata majemuk dari
pros + piptō yang digunakan secara idiomatis karena tidak berpikir dan dengan
demikian bertindak tidak rasional (lih Kis 19:36).
NASB "sombong"
NKJV "berlagak tahu"
NRSV "bengkak dengan
kesombongan""
TEV "bengkak dengan
kebanggaan"
NJB "gila karena
bangga"
"menuruti hawa nafsu daripada menuruti Allah" Paulus
telah menggunakan beberapa kata majemuk dengan philos:
3.
DIMANAKAH KEMURTADAN
ITU TERJADI.????
di Korintus (1Kor
4:17; 16:10).
Efesus (1Tim
1:3).
4.
KAPAN KEMURTADAN ITU
TERJADI.....???
2Tim 3:1 "hari-hari terakhir"
Jangka waktu ini disebut dengan beberapa nama.
1. Hari-hari
terakhir, Bil 24:14; Ul 8:16; Dan 2:28;
2. di
hari-hari terakhir, Yer 23:20; 30:24;
3. di Waktu
Terakhir, 1Pet 1:5
4. di akhir
zaman, 1Pet 1:20
5. selama
hari-hari terakhir, 2Pet 3:3
6. jam terakhir, 1Yoh 2:18
Di akhir dari hari-hari terakhir
adalah "hari Tuhan" (yaitu, "penyempurnaan," Mat
13:39).
Orang-orang Yahudi dari periode antar alkitab melihat dua zaman: zaman
pemberontakan dan dosa yang jahat saat ini (dimulai dari Kej 3) dan masa
kebenaran yang akan datang yang diresmikan oleh kedatangan Mesias dalam kuasa
Roh. PL menekankan kedatangan Mesias dalam penghakiman dan kuasa untuk
menetapkan zaman baru. Namun demikian, gagal untuk melihat dengan jelas
kedatangan Yesus yang pertama sebagai (1) "Hamba yang Menderita"
dalam Yes 53; (2) Yang rendah hati yang mengendarai seekor anak keledai di Za
9:9; Dan (3) yang ditikam dari Za 12:10. Dari wahyu progresif PB kita tahu
bahwa Tuhan merencanakan dua kedatangan Mesias. Periode di antara Inkarnasi
(kedatangan pertama) dan kedatangan kedua melibatkan ketumpang tindihan dari
dua zaman Yahudi ini. Ini ditunjuk dalam PB dengan ungkapan "hari-hari
terakhir". Kita telah berada di periode ini selama lebih dari 2000 tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar